MASALAH SOSIAL MASYARAKAT NELAYAN


Nama kelompok :
1.Aisyatun Nurul Fatihah (1)
2.Arisa Triana Waluyo N (5)
3.Sindi Eka Lestari (31)

Kelas : XI IPS 5
SMA NEGERI 1 PAMOTAN

          MASALAH SOSIAL MASYARAKAT NELAYAN

       Menurut hasil penelitian dokumen kelompok kami mengenai masalah sosial masyarakat nelayan, yang paling menonjol sebagai berikut: cuaca buruk, mesin rusak, ombak besar, jaring jebol, dan lokasi tangkap yang jauh.Dengan demikian masalah yang dihadapi masyarakat nelayan yang akan kami deskripsikan lebih lanjut.

       Cuaca buruk merupakan salah satu masalah yang menonjol karena dapat membahayakan kapal nelayan yang sedang melaut.Masalah yang selanjutnya adalah mesin rusak, pada saat mesin mengalami kerusakan maka nelayan tidak bisa untuk pergi mencari ikan. Selain mesin rusak, ombak besar adalah masalah yang sering dihadapi nelayan.Karena pada saat ombak besar sangat membahayakan kapal,bahkan nyawa nelayan tersebut. Jaring merupakan alat tangkap yang sering digunakan oleh nelayan untuk mencari ikan, namun usia atau kondisi tertentu jaring dapat mengalami jebrol. Selain yang kami sebutkan sebelumnya,lokasi tangkap yang jauh merupakan kendala yang paling sering dihadapi masyarakat sosial kampung nelayan.

        Adapun sebab dari cuaca buruk diantaranya disebabkan hujan deras, angin kencang, dan gelombang laut tinggi yang melanda sebagian besar wilayah di tanah air di akhir-akhir ini harus diwaspadai oleh seluruh lapisan masyarakat. Polisi hasil pemantauan menunjukkan bahwa gangguan sistem cuaca di atmosfer kita akhir-akhir ini disebabkan oleh gangguan tropis. Adapun sebab mesin rusak yaitu terjadi pada sistem,sebagian besar akibat yang terjadi pada kawasan material Karena kelelahan material dan sistem poros. Sistem pelumasan dengan air laut menambah semakin cepat terjadinya kerusakan komponen sistem poros karena sifat laut yang korosif. Sebab terjadinya ombak besar adalah embusan angin di samping ada pula faktor lain seperti pasang surut laut yang terjadi akibat adanya gaya tarik bulan dan matahari. Jaring jebrol disebabkan oleh muatan ikan yang berlebih, tuanya usia jaring, kurangnya perawatan jaring oleh nelayan yang menyebabkan senar jaring lapuk dan tidak dapat digunakan untuk menangkap ikan. Lokasi tangkap jauh karena daerah tersebut memiliki kondisi di mana ikan dengan mudahnya datang bersama kelompoknya dan tempat yang baik untuk dijadikan habitat ikan tersebut.

        Adapun dampak dari cuaca buruk diantaranya penjual ikan kesulitan mendapat stok ikan dari nelayan sehingga penjual pun harus keliling dan membeli ikan di pulau lain. Akibatnya harga ikan yang mereka ambil cukup tinggi dan dibandingkan dengan harga yang mereka ambil dari nelayan lokal. Adapun dampak dari mesin rusak di antaranya nelayan tidak dapat melaut untuk sementara waktu jika mesin rusak di tengah laut dapat menyebabkan nelayan tidak dapat kembali ke pesisir. Dampak ombak besar yaitu susahnya pencarian ikan karena susahnya pencarian ikan karena ombak yang sangat besar menyebabkan ikan sulit untuk didapat. Ombak besar juga menyebabkan kapal kehilangan keseimbangan bahkan bisa tenggelam. Selain itu jaring jebol atau jaring rusak juga memiliki dampak yaitu hasil tangkapan ikan kurang memuaskan bahkan cenderung sedikit. Dampak dari lokasi tangkap jauh ialah jika lokasi tangkap terlalu jauh akan memerlukan bahan bakar yang banyak,selain itu juga nelayan membutuhkan waktu yang lama untuk kembali ke kampung mereka.

         Solusi untuk cuaca buruk adalah sebaiknya nelayan tidak melaut sampai cuaca membaik atau mereka membudidayakan ikan di air payau atau tambak. Solusi untuk mesin rusak yaitu sebaiknya mereka menggunakan kapal lain atau mereka memperbaiki kapal tersebut. Solusi untuk ombak besar ialah mereka sebaiknya mencari ikan di laut namun tidak terlalu jauh dari Pesisir karena dapat membahayakan mereka. Solusi untuk jaring trawl adalah mereka dapat memperbaiki jaring tersebut atau membeli jaring baru. solusi untuk lokasi tangkap ikan yang yang jauh adalah kalau mereka masih menggunakan perahu atau kapal kecil, sebaiknya mereka menggunakan kapal besar.

Sumber dokumen yang digunakan
1. ....
2. ....
3. ....
4. .....
5. .....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HIDUP DI MASA PANDEMI COVID-19

PENGARUH VIRUS COVID-19 BAGI PENDUDUK DESA

kegiatan di hari pertama PJJ (pembelajaran jarak jauh)