PENGARUH VIRUS COVID-19 BAGI PENDUDUK DESA

       

        

          Sejak merebaknya informasi tentang virus Corona saat ini di desa saya menjadi lebih waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan sebagaimana seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Masyarakat desa lebih menjaga kesehatan dengan selalu berolahraga ada juga yang berjemur di pagi hari dan tidak lupa dengan mencuci tangan dan menjaga jarak. Bahkan sekarang bersepeda menjadi kegiatan sehari-hari para pemuda ataupun orang tua.

          Selain itu aparat desa juga mengadakan kegiatan penyemprotan desinfektan di setiap rumah warga setiap 2 minggu sekali. Ada juga salah satu warga yang membagikan masker secara gratis kepada orang-orang setempat atau warga sekitar. Selain penyemprotan dan juga pembagian masker aparat desa juga mengajak warga untuk membuat tempat cuci tangan depan rumah mereka masing-masing.

          Perangkat desa juga selalu Mengingatkan warganya untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Bahkan sekarang Setiap warga yang akan melaksanakan kegiatan atau acara dibatasi maksimal 20 orang dengan menggunakan protokol kesehatan jaga jarak. Bahkan berkumpul atau biasa disebut jagongan juga dibatasi maksimal 10 orang. Namun walaupun begitu masih banyak yang tidak mematuhi aturan pemerintah.

          Selain di rumah warga aparat desa juga mengadakan kegiatan penyemprotan di pasar. Joget di depan pintu pagar pasar disediakan tempat cuci tangan agar lebih bersih dari kuman. Di pasar juga beberapa kali diadakan rapid test untuk mengetahui orang yang terpapar virus Corona.  namun kesadaran masyarakat yang kurang sehingga banyak warga yang memilih untuk tidak berjualan demi menghindari rapitd test.

          Dampak oleh virus Corona ini tidak hanya di sektor kesehatan melainkan sektor ekonomi dan pendidikan juga terkena dampak-dampak tersebut. 

DALAM SEKTOR EKONOMI
 
          Banyak warga desa yang bekerja di perantauan dipulangkan karena keuangan pabrik menurun. Juga para petani yang mengeluh karena hasil panen tidak sebanding dengan penjualan di Pasar. 

DALAM SEKTOR PENDIDIKAN 

          Sekolah di desa juga seperti (SD, SMP, MTS, MA) melakukan pembelajaran bergantian masuk sekolah setiap harinya dengan menggunakan protokol kesehatan untuk menghindari kerumunan yang mengakibatkan penularan virus corona, kalau saya sendiri sekolah di SMA N 1 PAMOTAN yang mana melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada siswanya untuk memutus penyebaran virus corona.

          Pemerintah langsung bergerak cepat kepada rakyatnya yang di phk dari kerjaanya dengan memberi bantuan sosial berupa sembako dan uang setiap sebulan sekali, uang yang diberikan sebanyak    
Rp 600.000 , sedangkan yang sembako mendapat beras, gula, minyak, telur, dan lain lain, sehingga warga yang ter phk dari pekerjaanya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memang di masa pandemi virus corona ini semua perekonomian di berbagai daerah menurun bahkan semua negara merosot angka perekonomiannya. Kepala negara dan struktur yang bertugas harus berputar otak untuk memenuhi rakyatnya yang terkena phk untuk memenuhi kebutuhan sehari hari walau perekonomian negara sedang menurun.

          Beberapa kebiasaan baru di buat oleh desa untuk memenuhi protokol kesehatan yang dibiat oleh pemerintah dalam menanggulangi virus corona ini, seperti pembatasan saat tahlilan, tidak di adakanya kegiatan 17 agustusan atau perayaan hari kemerdekaan, tidak di adakannya pengajian setiap malam jumat yang mengakibatkan banyak kerumunan, menggunakan masker, dan lain lain yang menyangkut kehidupan kebiasaan baru. Semua itu bukan perkara yang mudah karena banyak masyarakat yang tidak mau mematuhinya karena mereka beranggapan bahwa mati dan hidupnya semua orang itu sudah di atur oleh yang maha kuasa, peran kita sebagai warga negara penting dalam proses penanggulangan wabah virus corona ini, oleh karena itu kita jangan egois walaupun kita beranggapan bahwa hidup matinya seseorang sudah ada yang ngatur, kita harus menjaga lingkungan kita dengan tetap bersih agar terhindar dari penyakit dan lingkungan yang bersih akan membuat kita merasa nyaman, kita juga harus ikut berperan penting dengan pemerintah untuk menanggulangi pandemi ini agar semua selamat dari virus yang menyerang negara kita ini.



Email : aisyahnurul96522@gmail.com
Nama : Aisyatun Nurul Fatihah
Kelas : XII IPS 5
No.     : 01

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HIDUP DI MASA PANDEMI COVID-19

kegiatan di hari pertama PJJ (pembelajaran jarak jauh)