HIDUP DI MASA PANDEMI COVID-19

Sekarang ini hampir di seluruh negara mengalami penurunan ekonomi yang cukup tajam, dan ini bisa berdampak kepada kesejahteraan rakyat di setiap negara. Penyebaran Covid-19 yang bersifat luar biasa dengan ditandai jumlah kasus atau jumlah kematian telah meningkat dan meluas lintas wilayah dan lintas negara. Untuk bertahan hidup masyarakat sebaiknya harus saling bergotong royong dan memberikan sebagian hartanya untuk yang membutuhkan.

Ada beberapa cara yang bisa dan harus dilakukan untuk semua umat manusia baik di masa Pandemi Covid-19 maupun setelahnya, diantaranya sebagai berikut:
1. Berdoa
Biasanya manusia berusaha baru berdoa, kalau menurut saya ini seperti orang sudah pasrah, tetapi sebaiknya berdoa terlebih dahulu baru berusaha. Supaya semua kegiatan yang dilakukan bernilai ibadah dan sesuai dengan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.

2. Motivasi Diri
Dalam Quran Surat An-Najm ayat 31 bahwa “Supaya Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat terhadap apa yang telah mereka kerjakan dan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan pahala yang lebih baik.”
Quran Surat Al-Anbiya ayat 35 bahwa “Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.”
Dilihat dari ayat tersebut bahwa sebenarnya manusia hanya hidup sementara di dunia ini untuk terus melakukan amal soleh yang akan dipanennya di kehidupan yang kekal yaitu akhirat.

3. Ikhtiar/Berusaha
Manusia sudah ditakdirkan rezekinya dan bisa dirubah sesuai dengan usahanya. Seperti yang sudah dijelaskan dalam Quran Surat Ath Thalaq ayat 2 – 3 “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnua Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Alllah telah mengadakan ketentuan bagi tiang-tiap sesuatu.”

4. Ikhlas
Allah SWT pasti akan mengabulkan semua doa hamba Nya “Dan apabila hamba-Ku bertanya tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al Baqarah: 186).

Itu diantaranya cara bertahan hidup di masa Pandemi COVID-19 dan setelah pandemi, supaya hidup lebih terarah dan menjadi manusia yang memberikan Rahmat bagi seluruh alam semesta serta sukdses dunia dan akhirat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGARUH VIRUS COVID-19 BAGI PENDUDUK DESA

kegiatan di hari pertama PJJ (pembelajaran jarak jauh)